Semburan Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai ke Wilayah Aceh

Semburan Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai ke Wilayah Aceh

Semburan Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai ke Wilayah Aceh

Semburan Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai ke Wilayah Aceh – Abu vulkanik, sering disebut juga pasir vulkanik atau jatuhan piroklastik adalah bahan material vulkanik jatuhan yang disemburkan ke udara saat terjadi suatu letusan. Umumnya abu vulkanik terdiri dari berbagai jenis batuan, mulai dari yang berukuran kecil hingga yang berukuran sangat besar.

Batuan yang berukuran besar (bongkah – kerikil) biasanya jatuh disekitar kawah sampai radius 5 – 7 km dari kawah, dan yang berukuran halus dapat jatuh pada jarak mencapai ratusan km bahkan ribuan km dari kawah karena dapat terpengaruh oleh adanya hembusan angin. Abu yang halus dapat menyababkan radang paru-paru jika terhirup.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara kembali erupsi pada Selasa (2/3/2021) pagi sejak pukul 07.11 WIB. Erupsi mengeluarkan guguran awan panas yang mengarah tidak hanya ke Timur dan Tenggara, tapi juga ke arah Barat. Selain itu tinggi kolom abu mencapai 5.000 meter. Ini menjadi letusan yang terlihat paling tinggi hingga abu menutupi deposit idn poker pulsa keseluruhan gunung.

1. Semburan abu vulkanik mencapai wilayah Aceh

Semburan Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai ke Wilayah Aceh

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar menyampaikan, semburan abu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung mencapai wilayah Provinsi Aceh.

“Bila dilihat dari foto satelit diperkirakan debu vulkanik sudah mulai menyeberang atau terpapar ke Provinsi Aceh,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Zakaria Ahmad, pada Selasa (2/3/2021).

2. Arah pergerakan angin membuat dua kabupaten di Aceh terpapar abu vulkanik

Semburan Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai ke Wilayah Aceh

Ketinggian letusan kolom abu vulkanik yang mencapat 5.000 meter atau lima kilometer membuat semburan erupsi memasuki wilayah Aceh. Hal itu disebabkan karena abu yang ada diudara bergerak mengarah ke barat hingga selatan mengkuti arah angin.

Hingga pukul 12.00 WIB, hari ini, abu vulkanik telah terpantau memasuki wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

“Tepatnya wilayah yang mungkin berpengaruh adalah Kabupaten Aceh Tenggara juga sudah meluas ke Kabupaten Aceh Selatan,” ujarnya.

3. Masyarakat diminta tidak berakvitias di luar rumah

Semburan Abu Vulkanik Gunung Sinabung Sampai ke Wilayah Aceh

Mencegah hal yang tidak diinginkan dalam kondisi tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar mengimbau kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas di luar rumah agar tidak terpapar debu maupun asap vulkanik.

“Khususnya di Kabupaten Aceh Tenggara dan juga Aceh Selatan yang sudah mulai terpapar. Jikapun harus keluar rumah maka jangan lupa memakai masker, memakai kaca mata, menutup tempat makanan, air untuk konsumsi,” imbaunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *