Cara Sederhana Memahami Fisika tanpa Pusing

Cara Sederhana Memahami Fisika tanpa Pusing

Mencoba Belajar Sains: Cara Sederhana Memahami Fisika tanpa Pusing

Cara Sederhana Memahami Fisika tanpa Pusing – Sepertinya banyak beragam tanggapan oleh siswa-siswi ketika mereka bicara Fisika. Kesannya, Fisika itu: A3S (angker, susah, sulit, sukar). Iya nggak, sih? Bahkan, ada juga yang pasrah karena beranggapan Fisika hanya untuk kalangan jenius, rajin, dan kerasukan matematika. Secara sederhana, fisika dapat diartikan sebagai cabang ilmu sains yang mempelajari tentang alam dan segala materi yang ada di dalamnya.

Jadi, fisika merupakan salah satu APK IDN Poker IOS ilmu sains yang cakupannya sangat luas. Bahkan, alam semesta dan astronomi juga tidak bisa lepas dari fisika. Nah, meskipun penting, nyatanya tidak semua orang suka belajar fisika. Ada banyak orang yang menganggap bahwa fisika adalah ilmu yang rumit dan membosankan. Namun, ternyata ada beberapa cara sederhana supaya kamu bisa memahami fisika secara sederhana tanpa pusing.

Meskipun tidak membahas ilmu fisika dalam tahapan lanjut, gak ada salahnya kita sama-sama belajar sains dengan cara sederhana untuk memahami fisika. Yuk, disimak artikelnya!

Jangan menghafal rumus, tapi pahami konsepnya

memahami konsep dari rumus tersebut. Faktanya, memahami sebuah konsep lebih mudah dibandingkan dengan menghafal rumus fisika.

Dalam relativitas, misalnya, ada sebuah rumus ekuivalensi massa-energi, yakni E=MC2 dan rumus ini sudah diakui oleh banyak ilmuwan sebagai rumusan valid dari hubungan antara massa dan energi. Namun, jika kamu awam dan ingin mengerti mengenai rumus tersebut, sebaiknya cukup pahami saja maksud dan konsepnya.

Meskipun tidak mudah, konsep dalam relativitas tadi masih bisa dibayangkan. Misalnya, pada saat kamu melakukan kegiatan yang menyenangkan, waktu terasa cepat berlalu. Sebaliknya, jika kamu mengalami hal yang tak kamu sukai, maka waktu akan terasa berjalan sangat lama. Ini merupakan bagian relativitas yang paling sederhana.

Laman Medium menulis bahwa bagian tersulit dalam fisika ada pada saat di studi lanjutan, seperti universitas, penelitian akademis, astronomi, ilmu teknik fisika, dan lain sebagainya. Bahkan, banyak sekolah yang menerapkan pelajaran fisika dengan beban pelajaran yang memberatkan pelajar. Tentunya, tak semua orang bisa disamakan. Jika kamu memang gak suka dengan fisika, tak perlu dipaksakan, daripada hal tersebut membuatmu pusing.

Belajar dari hal yang sederhana

Sama dengan belajar ilmu lainnya, dalam sains fisika juga disarankan untuk memahami dan mempelajari studi yang memuat hal-hal sederhana terlebih dahulu. kamu bisa belajar mengenai pembiasan cahaya, misalnya, di mana pembahasan ini biasanya masuk kepada bahasan dasar dalam fisika. Di sana kamu akan mengerti bahwa sinar dapat dibiaskan dan menjadi sebuah ilusi optik yang indah.

Dengan memahami fisika secara mendasar, diharapkan kita juga akan suka dengan fisika. Kalau sudah suka, maka akan lebih mudah melangkah untuk ke jenjang berikutnya. Media yang bisa digunakan mirip seperti penjelasan poin tiga di atas, yakni melalui buku bacaan atau tayangan-tayangan sains yang sederhana.

Amati saja lingkungan sekitarmu dengan saksama

Apa yang bisa kamu amati di lingkungan sekitarmu pasti berhubungan dengan fisika, kok. Misalnya, benda yang jatuh ke tanah, membuktikan bahwa ada hukum gravitasi di sana. Bisa juga kamu mengamati cahaya Matahari, gerakan aliran air, hembusan angin, dan bahkan kamu bisa mengamati langit malam hari di saat cuaca sedang cerah.

Nah, kalau sudah mengamati itu semua, tentunya kamu akan bertanya bagaimana alam bisa dengan teratur mengalami itu semua? Memang belajar fisika tidak sesederhana itu. Dibutuhkan studi dan penelitian mendalam tentang berbagai macam kejadian di alam. Namun, kalau kamu sudah tertarik untuk mengamati alam, itu sudah menjadi modal besar untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Oh ya, seperti ditulis dalam laman Physics LibreTexts, sejarah dalam mempelajari alam dan hubungannya dengan fisika sudah dipraktikkan oleh ilmuwan dan filsuf Yunani kuno di era Sebelum Masehi. Intinya, pengamatan akan alam atau lingkungan merupakan hal paling dasar yang bisa dilakukan untuk belajar fisika.

Banyak membaca dan menonton tayangan sains

Cara ini merupakan salah satu cara termudah yang bisa kamu lakukan di rumah. Jika kamu suka membaca, kamu bisa membaca buku-buku atau artikel yang membahas mengenai ilmu pengetahuan. Atau kamu bisa menonton tayangan sains yang kamu rasa mudah untuk kamu cerna.

Biasanya, National Geographic dan Discovery Channel adalah saluran-saluran sains yang akan menayangkan dan membahas kajian ilmiah secara menarik dan mudah untuk dipahami. Mulai dari hal sederhana, hingga luasnya alam semesta bisa kamu pelajari melalui buku, artikel, atau tayangan di televisi.

Jika sudah menyukai fisika, jangan menyerah untuk belajar

Jika memang sains sudah menjadi passion dan kecintaan kamu, lebih baik kamu fokus pada studi dan jangan menyerah dalam belajar sains. Sebetulnya, kamu gak harus menjadi seorang fisikawan, profesor, atau ilmuwan untuk memahami bidang studi fisika. Meskipun latar belakang pendidikan yang kamu tempuh berbeda, namun gak ada salahnya kamu juga menyukai fisika.

American Physical Society dalam lamannya menjelaskan mengapa seseorang bisa sangat menyukai fisika. Sudut pandang fisika yang menjelaskan sesuatu dengan detail, ditambah dengan banyak hal di dunia ini yang berhubungan dengan fisika, akan membuat seseorang sangat menyukai fisika. Satu lagi, menguasai fisika dapat membuatmu lebih mudah sukses dalam hal pendidikan dan karier.

Itulah beberapa cara unik untuk memahami fisika secara sederhana tanpa pusing. Semoga artikel edukasi kali ini dapat membuatmu suka akan sains, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *