Awas! Ini 2 Kebiasaan Sehat yang Nyatanya Tidak Baik buat Gigi

Awas! Ini 2 Kebiasaan Sehat yang Nyatanya Tidak Baik buat Gigi

Awas! Ini 2 Kebiasaan Sehat yang Nyatanya Tidak Baik buat Gigi

Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah komitmen seumur hidup. Semakin dini menerapkan kebiasaan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut yang benar—rutin sikat gigi, membersihkan gigi dengan benang gigi, dan rutin kontrol ke dokter gigi—kamu bisa terhindar dari masalah gigi dan mulut yang sering kali penanganannya menguras waktu, tenaga, dan uang.

Ternyata, ada beberapa kebiasaan sehat yang sebetulnya tidak baik untuk kesehatan gigi. Seperti apa? Di lansir dari green-squalle.net, berikut ini ulasannya!

1. Menyikat gigi setelah makan

Apakah kamu termasuk orang yang tak lupa menyikat gigi setelah sarapan? Ini sebetulnya merupakan kebiasaan baik untuk mendukung kesehatan gigi dan mulut. Akan tetapi, waktunya perlu di perhatikan.

Di kutip dari IDN Poker APK, segera menyikat gigi setelah makan pagi sebetulnya bisa menutupi gigi dengan sisa makanan asam, yang mana ini bisa melemahkan enamel, yang akan menyebabkan gigi sensitif. Ini bisa makin parah seiring bertambahnya usia, karena gusi cenderung menurun dan lebih banyak permukaan akar gigi yang terbuka.

Menu sarapan pagi biasanya adalah makanan yang jadi musuh enamel gigi, seperti jus atau buah jeruk, buah-buahan kering, serta aneka roti atau pastry. Jadi, langsung sikat gigi habis sarapan mungkin bisa berdampak buruk untuk gigi.

Kamu di sarankan untuk menunggu selama 30 menit hingga 1 jam setelah makan untuk menyikat gigi. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan kamu melindungi gigi dan tidak merusak email. American Dental Association merekomendasikan kita untuk menunggu 60 menit setelah makan sebelum menyikat gigi, terutama setelah makan makanan asam.

Minumlah air atau kunyah permen karet bebas gula setelah makan untuk membersihkan gigi sebelum menyikatnya. Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa jenis produk olahan susu seperti keju cheddar saat sarapan, yang dapat membantu meningkatkan pH di mulut dan melepaskan kalsium dan zat lain untuk melawan plak gigi. Berkumur dengan air putih setelah makan juga bisa membantu membersihkan kotoran yang terselip di antara gigi.

2. Minum air lemon

Beberapa orang suka menambahkan perasan atau irisan lemon ke dalam air putih. Ini memang sehat. Akan tetapi, harus di ingat bahwa asam itu tidak di sukai gigi. Artinya, bila meminumnya, ini bisa menyebabkan erosi enamel gigi.

Faktanya, minuman asam seperti jus lemon memiliki pH 2-3, yang artinya itu dapat berbahaya bagi gigi karena cairan dengan pH di bawah 4 terbukti berdampak negatif terhadap kesehatan gigi.

Selain itu, jangan langsung menyikat gigi saat mengonsumsi substansi asam seperti jus lemon atau air perasan lemon, karena enamel gigi yang di lemahkan asam butuh waktu untuk pulih. Jadi, tunggulah setidaknya 30 menit hingga 1 jam setelah makan atau minum yang asam-asam untuk mencegah kamu menghilangkan enamel gigi saat sikat gigi.

Bila kamu tetap ingin menikmati air lemon, lakukan tips aman berikut ini:

  • Batasi minuman asam
  • Gunakan sedotan saat minum minuman asam untuk mengurangi kontak asam terhadap gigi
  • Berkumur dengan air putih setelahnya
  • Menyikat gigi dan bersihkan dengan benang gigi secara rutin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *