Sebutan Layang-Layang di Beberapa Daerah di Indonesia

Sebutan Layang-Layang di Beberapa Daerah di Indonesia

Sebutan Layang-Layang di Beberapa Daerah di Indonesia

Sebutan Layang-Layang di Beberapa Daerah di Indonesia – Layang-layang adalah bangun datar yang dibentuk oleh dua pasang sisi yang masing-masing pasangannya sama panjang dan saling membentuk sudut. Layang-layang merupakan turunan dari segi empat yang mempunyai ciri khusus dua sisi yang membentuk sudut sama panjang dan besaran sudut yang saling berhadapan sama besar.

Ada yang waktu kecilnya sering main layang-layang? Layang-layang merupakan salah satu permainan tradisional dari Indonesia. Biasanya layang-layang sering dimainkan oleh  anak-anak, tapi tidak jarang orang dewasa juga download poker open card asia bermain layang-layang.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), layang-layang adalah mainan yang terbuat dari kertas, berkerangka yang diterbangkan ke udara dengan memakai tali atau benang sebagai kendali. Meski di zaman sekarang layang-layang sudah tidak sepopuler dulu, namun di beberapa daerah layang-layang masih sering dimainkan. Di beberapa daerah layang-layang juga memiliki sebutan yang berbeda-beda.

1. Gelayang tunang

5 Sebutan Layang-Layang di Beberapa Daerah di Indonesia, Unik Banget!

Geulayang tunang atau adu geulayang adalah sebutan lokal untuk layang-layang dari kota Aceh. Bermain layang-layang adalah salah satu hiburan dan sudah menjadi sebuah tradisi dan budaya dari kota tersebut. Permainan layang-layang biasanya dilakukan saat musim panen padi tiba dan dimainkan secara berkelompok di pematang sawah oleh kaum lelaki di saat cuaca sedang cerah.

Di Aceh, layang-layang atau geulayang tunang mempunyai beberapa jenis seperti Layang reungka, Layang aceh, Layang beuleuën, Layang sumantong, Layang kleung. Semua jenis layang-layang tersebut memiliki ciri khas dan bentuk yang berbeda.

2. Langlayangan

5 Sebutan Layang-Layang di Beberapa Daerah di Indonesia, Unik Banget!

Buat kamu yang berasal dari Jawa Barat tentunya sudah sangat familiar dengan kata langlayangan. Biasanya saat masuk musim kemarau atau usum halodo tiba, sebagian anak-anak masyarakat sunda sering memanfaatkan waktu luang mereka dengan bermain layang-layang, atau jika tidak mereka akan ikut mengejar layang-layang putus yang biasa di sebut moro langlayangan.

Kegiatan bermain layang-layang ini biasanya dilakukan di sore hari saat cuaca tidak terlalu terik sampai menjelang magrib. Saat bermain, beberapa dari pemain langlayangan ada yang menggunakan benang gelasan untuk digunakan dalam ajang adu langlayangan, jika tidak, pemain hanya akan menggunakan benang biasa atau kenur.

3. Layangan 

5 Sebutan Layang-Layang di Beberapa Daerah di Indonesia, Unik Banget!

Layangan di sini adalah istilah layang-layang dalam bahasa Jawa, dan memainkan layang-layang di sebut dengan ngundha layangan. Di Jawa ada dua bentuk layang-layang yang di mainkan secara umum, yakni layangan bentuk biasa yang berupa badan layangan yang panjang proposional dan bentuk pethekan, yaitu badan layangan melebar dan pendek.

Satu lagi adalah layangan motif ornamen hiasan yang juga memiliki beberapa motif yaitu motif pupukan, motif kalungan sanggan, motif encik-encik, motif kalungan sanggan dan lain-lain.

Selain itu juga, sebutan layangan untuk layang-layang juga biasa di gunakan oleh masyarakat Bali, dan untuk istilah bermain layang-layang sendiri biasanya di sebut dengan melayanganMelayangan merupakan salah satu tradisi yang masih di lakukan oleh masyarakat Bali hingga sekarang. Melayangan juga menjadi salah satu hal yang menarik bagi para wisatawan.

4. Kelayangan dandang

5 Sebutan Layang-Layang di Beberapa Daerah di Indonesia, Unik Banget!

Kelayangan Dandang atau dalam bahasa Indonesia layang-layang dendang/berdendang adalah layang-layang tradisional khas Kalimantan Selatan. Layang-layang ini di mainkan ketika usai panen, tepatnya pada saat musim kemarau.

Seperti yang lainnya, layang-layang ini juga biasa di terbangkan di lapangan luas atau area persawahan. Seperti namanya Dandang (dalam bahasa Indonesia Dendang/berdendang), layang-layang tersebut menghasilkan suara dari kumbangan yaitu sejenis bambu yang di letakan di bagian kepala/atas layang-layang.

5. Lajângan

5 Sebutan Layang-Layang di Beberapa Daerah di Indonesia, Unik Banget!

Bersamaan dengan datangnya musim tembakau, atau lebih tepatnya musim kemarau, biasanya langit Madura akan menampilkan permainan layang-layang atau Lajângan. Dengan warna-warni kertas minyak, langit Madura nampak semarak, di tambah lagi dengan bunyi sawangan yang mengeluarkan aneka macam nada.

Selain itu bentuk Lajângan pun mengalami perubahan. Jika dulu bentuknya biasa dan sedikit. Saat ini, bentuk Lajângan sangat beraneka ragam. Seperti ada Lajângan dengan bentuk seperti sosok manusia, pesawat terbang, perahu, kuda, dan lain-lain.

Aksesoris yang di gunakan pun kini sudah ada yang menggunakan lampu LED, hal ini di tambahkan agar lajângan bisa terlihat sangat indah apabila akan di terbangkan di malam hari. Layang-layang yang hendak di adu biasanya memiliki bentuk yang khusus, dan sering di sebut kope’an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *