Pelaksanaan Pilkada 270 Daerah di Pantau Langsung Kemendagri

Pelaksanaan Pilkada 270 Daerah di Pantau Langsung Kemendagri

Pelaksanaan Pilkada 270 Daerah di Pantau Langsung Kemendagri

Pelaksanaan Pilkada 270 Daerah di Pantau Langsung Kemendagri – Hasil Pilkada Serentak 2020 di umumkan paling lambat 26 Desember mendatang. Hal itu di ketahui dari jadwal tahapan pilkada yang di tetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020.

Setelah rekapitulasi suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) selesai, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengirim hasil ke tingkat desa/kelurahan. Penyerahan hasil rekapitulasi itu di lakukan di hari yang sama, yaitu 9 Desember.

Direktur Ekososbud Kemendagri, La Ode Ahmad, mengungkapkan bahwa Kemendagri memantau langsung pelaksanaan Pilkada yang di gelar di 270 wilayah di Indonesia. Pihak Kemendagri menyebar tim ke seluruh wilayah yang melaksanakan Pilkada. Jadi, ada tim yang di sebar ke seluruh wilayah yang melaksanakan Pilkada. Tim ini memantau seperti apa persiapan download idn poker 99 di TPS, penyelenggara Bawaslu dan KPU serta desk Pilkada.

1. La Ode pantau Pilkada di Manado

Kemendagri Pantau Langsung Pelaksanaan Pilkada di 270 Daerah

La Ode sendiri memantau penyelenggaraan Pilkada di TPS III Bumi Beringin, Manado, Sulawesi Utara. Manado jadi satu dari sekian banyak wilayah yang turut serta menyelenggarakan Pilkada serentak di tahun 2020 ini.

Selain Manado, wilayah lain di Sulawesi Utara yang turut menyelenggarakan Pilkada adalah Bitung dan Tomohon. La Ode menyebut, kondisi penyelenggaraan Pilkada di Sulawesi Utara berlangsung kondusif.

“Pada prinsipnya di Sulawesi Utara sudah siap, sejak pagi kami pantau di lapangan antusias warga datang ke TPS untuk memilih, semua berjalan baik, suasana kondusif,” ujar La Ode.

2. Masyarakat terapkan protokol kesehatan

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha dan Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan Rizal Effedi, saat meninjau pelaksanaan simulasi pencoblosan di TPS pada Pilkada Serentak Balikpapan di TPS 36 Manggar, Sabtu 21 November 2020

La Ode juga melihat bahwa penerapan protokol kesehatan di TPS III Bumi Beringin ini sudah berjalan baik. Ia menilai hal tersebut merupakan sesuatu yang penting, apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang masih merebak di Indonesia.

“Kondisi ini (masyarakat menerapkan protokol kesehatan) sudah tersosialisasi dengan baik, sehingga masyarakat patuh dan perhatian dalam menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

3. Kemendagri berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di Sulawesi Utara

Kemendagri Pantau Langsung Pelaksanaan Pilkada di 270 Daerah

Tim Kemendagri yang meninjau pelaksanaan Pilkada di Sumatra Utara, menurut La Ode, sudah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan lain di Sulawesi Utara. Mereka bersama-sama memantau jalannya pemungutan suara.

“Bersyukur sampai hari ini belum ada kekurangan, mudah-mudahan semua dilaksanakan sesuai payung hukum, logistik tidak ada hambatan, termasuk logistik alat pelindung diri yang didistribusikan bersama dengan logistik Pilkada,” ujarnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *