Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Beli Saat Berlibur di Kota Malang

Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Beli Saat Berlibur di Kota Malang

Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Beli Saat Berlibur di Kota Malang

Oleh-oleh Khas yang Wajib Kamu Beli Saat Berlibur di Kota Malang – Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini di dirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km² yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang.

Kota Malang, selain terkenal sebagai kota pelajar dan kota berhawa dingin ternyata juga menyimpan kekayaan intelektual yang tinggi dengan adanya berbagai produk-produk karya warga Malang yang tradisional maupun modern.

Dengan keautentikan dan keunikannya tersendiri, suvenir-suvenir idn poker deposit pulsa ini bisa kamu bawa pulang dengan penuh kebanggan dan kesan yang mendalam karena sisi historisnya yang kuat. Ini dia daftar oleh-oleh cantik khas Malang yang hanya ada di #WonderfulIndonesia.

1. Topeng Malangan 

Kedungmonggo, merupakan sebuah dusun di Desa Karangpandan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berkat perjuangan sang maestro seni Topeng Malangan, Mbah karimun yang meninggal 11 tahun silam, dusun Kedungmonggo menjadi di kenal hingga mancanegara.

Jika kamu ingin mencari souvenir seni tradisi yang autentik, silahkan datang ke Kedung Monggo, atau yang di tengah kota yaitu Galeri Topengan Malang,  Jl. Gajayana No.107A yang dekat Universitas Brawijaya dan gang kost-kostan Kerto.

2. Kerajinan Keramik 

Dulu produksi keramik di Dinoyo terpusat di pabrik bernama Lembaga Penyelenggara Perusahaan-Perusahaan Industri Departemen Perindustrian (LEPPIN) pada tahun 1957. Pabrik itu pernah di resmikan Wakil Presiden RI pertama, Moh. Hatta. Kemudian tak ada angin tak ada hujan, pabrik itu tutup tahun 2003.

Akhirnya para warga yang pernah bekerja di pabrik tersebut pindah haluan ke industri rumahan yang memproduksi gerabah rumah tangga dan pajangan. Ada pula yang membuka kursus keramik. Ternyata di luar dugaan antusiasme warga malang cukup tinggi.

Kini di sekitar bekas pabrik, sudah di resmikan Sentra Keramik Dinoyo yang menjual alat makan dan gerabah dengan berbagai range harga mulai Rp5.000-5.000.000,00.

3. Kalung Nama Malang

Berawal dari keresahan Nadia Amalia yang susah mencari pekerjaan, akhirnya ia memutuskan membuka bisnis kalung nama pada 2015 karena sedang trend saat itu. Dengan nama Logam Custom Studio, dia merintis usaha yang kini telah melayani ekspor hingga mancanegara.

Mulai dari harga Rp100.000-400.000,00 kamu bisa mendapatkan kalung custom dengan desain computerized namun di eksekusi dengan handmade.

4. Soak Ngalam, kaos bahas walikan

Osob Kiwalan atau boso walikan memang sudah sangat mengakar di masyarakat Malang. Tjandra Purnama Edhi pun berinisiatif mengangkatnya lewat produk kaos Soak Ngalam sejak 2008.

Dengan harga Rp60.000-80.000,00 saja, kamu sudah bisa membawa souvenir khas Malang yang bisa di pakai kemana pun kamu pergi.

5. Miniatur Truk Indonesia

Mungkin untuk produk miniatur atau remote control kendaraan, sebagian besar hanya tersedia dalam bentuk model kit Jepang yang mahal, atau remote control jadi produk Tiongkok.

Namun kini di Malang, sudah hadir produsen miniatur dan remote control truk dengan kearifan lokal yang kental, dengan desain bak ala truk #DiIndonesiaAja.

Hildan Yusuf Hanafi dengan berbekal keahlian teknik elektronya mulai memroduksi miniatur truk Indonesia melalui toko Miniatur Truk Hildan yang ia dirikan di Kota Batu sejak 2016.

Dengan harga sesuai skala mulai 1-3 juta rupiah, kamu bisa memesan miniatur truk custom yang kental unsur Indonesia.

6. Sepatu skate Awesome

Di mulai sejak 2010 oleh Abraham. B, dan di dukung iklim skateboarding yang suportif, Awesome Footwear konsisten menghadirkan sepatu sneaker skateboard berkualitas dengan harga terjangkau.

Dengan brand ambassador skater-skater lokal berprestasi seperti Izad, Leonardo, Indra “Kubon” dan lainnya, Awesome terbukti menjadi brand sneaker skateboard paling tangguh selama 10 tahun ini dengan jangkauan pasar internasional hingga Prancis.

Kamu cukup merogoh kocek sedalam Rp400.000,00 saja dan sepatu skate dari Awesome Footwear ini bisa kamu bawa pulang.

Itulah suvenir-suvenir khas Malang mulai dari yang tradisional hingga modern yang bisa kalian beli saat berlibur ke Kota Apel ini. Jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan saat bepergian jauh via kereta maupun pesawat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *